Selamat Datang di Website Resmi Pencak Silat NU Pagar Nusa Cabang Tuban "Jadilah Pesilat Berkarakter Santri, Menjaga NKRI dan Membela Kiai"

Senin, 03 Juli 2017

Halal Bi Halal Pagar Nusa di Tuban Gelar Turnamen Sepak Bola Api

Gununganyar - Momentum Hari Raya Idhul Fitri banyak dimanfaatkan untuk bersilaturahmi tak terkecuali Pagar Nusa PAC. Soko - Tuban. Bertempat di lapangan SMP Gus Dur Desa Gununganyar - Tuban acara berlangsung dengan meriah.
Acara tahunan yang diikuti ratusan pendekar dari seluruh Ranting yang ada di Kec. Soko ini juga dihadiri oleh anggota yang berasal dari Parengan dan Grabagan.

“Yang ikut semua anggota, baik santri yang masih aktif latihan dan juga anggota yang hari-hari biasa sedang merantau ke luar daerah jadi kegiatan ini untuk ajang silaturahmi dari masing-masing anggota” ungkap Syukur sekretaris PAC Pagar Nusa Soko.

Sebelum acara dimulai peserta yang hadir juga dihibur oleh Grup Tongklek Pagar Nusa Ranting Gununganyar diiringi dengan gerakan-gerakan silat yang sengaja ditampilkan untuk menyambut peserta yang datang.
“Tongklek ki yo gone dewe to kang, pasaku yo tambah apik iso tampil ngibur acara la seng naboh yo cah pagar nusa ae” (Kesenian tongklek ini kan milik kita sendiri kang, menurut saya juga bagus kalau bisa menghibur pada acara pemain musiknya juga anak-anak pagar nusa).
ucap Kang Slamet yang merupakan pimpinan grup tongklek selesai acara.

Selain dihadiri oleh anggota Pagar Nusa, kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut juga dihadiri oleh MWC NU Kec. Soko, dan Ketua PAC dari Banom NU yang ada di Kec. Soko baik dari IPNU, IPPNU, GP Ansor dan juga LP Ma’arif NU Kec. Soko. Acara dimulai dengan tahlil bersama yang diikuti oleh seluruh peserta dan tamu undangan.

“Dari acara ini, saya punya banyak harapan untuk PAC Pagar Nusa Soko termasuk menumbuhkan semangat kepada anggota, meningkatkan kuantitas dan kualitas baik dari segi prestasi dan akhlak anggota. Kita jadikan kegiatan ini sebagai ajang untuk bersilat dan bersilaturahmi” ujar Kang Antok saat sambutan ketua PAC.

Setelah berjabat tangan untuk ber Halal Bi Halal antara pengurus dan anggota, acara dilanjutkan dengan Turnamen Sepak bola Api yang dibuka oleh Bpk. Tasma’in selaku Ketua LP Ma’arif Soko. Sepak bola api mempertandingkan grup yang berasal dari masing-masing Ranting dan Rayon yang ada di Kec. Soko. Ranting Cekalang keluar sebagai Juara setelah mengalahkan Rayon Gambor pada pertandingan final dan Rayon PP. Tarbiyatut Thulab sebagai juara ke Tiga.

“Seru kang, lagek ngerti iki balbalan nggawe bal geni opo maneh pas bal klopone mau pecah kenek sakral”
(Seru Kang, baru melihat ini sepak bola menggunakan bola api apalagi tadi bola yang dibuat dari kelapa kering tadi pecah dan mengenai sragam) celoteh penonton saat pertandingan berlangsung.

Selesai Turnamen bola api, peserta diajak long march untuk mengelilingi dan menikmati panorama keindahan Desa Gununganyar yang memang lokasi Desa ini berada di atas Pegunungan Kapur Utara dan dijadikan Destinasi wisata oleh pihak Kecamatan Soko. [dni]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar