Selamat Datang di Website Resmi Pencak Silat NU Pagar Nusa Cabang Tuban "Jadilah Pesilat Berkarakter Santri, Menjaga NKRI dan Membela Kiai"

Sabtu, 21 Juli 2018

Program kemandirian, Pagar Nusa di Tuban hasilkan Panen Raya padi

JATIROGO – Setelah melewati beberapa tahapan penanaman dan perawatan, serta berbagai permasalahan, Hari ini Sabtu (21/07/18) Puluhan anggota PAC Pagar Nusa Jatirogo dibantu beberapa warga masyarakat menuai hasil Panen raya padi. Padi yang ditanam pada lahan seluas 8000m2 memberikan hasil yang memuaskan. Atas hasil tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan anggota Pagar Nusa setempat. Hal tersebut disampaikan Ketua Cabang Pagar Nusa Tuban sesaat setelah ikut serta memanen hasil panen padi yang diikuti langsung di area persawahan.

“Dengan hasil dari kegiatan ini tentu kita berharap dapat memberikan manfaat untuk anggota Pagar Nusa Jatirogo,” harap Kak Mujib, sapaan akrab ketua cabang asli Senori  ini.

Kegiatan Panen raya yang terletak di Dusun Lumtan Desa Sugihan Kec. Jatirogo ini merupakan hasil kerjasama antara Pengurus Pagar Nusa PAC Jatirogo dengan beberapa anggota yang memanfaatkan lahan milik salah satu anggota yang menyerahkan pengelolaan lahan persawahannya agar bisa dimanfaatkan hasilnya untuk organisasi.

Kendala yang dihadapi dalam beberapa tahapan penanaman dan perawatan menurut Gus Olik (koordinator pengelola) kurangnya curah hujan pada awal masa tanam sehingga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengalirkan air dari sungai ke lahan persawahan yang jaraknya lumayan jauh juga soal tehnis karena anggota yang mengelola ini mayoritas adalah anggota yang masih muda dengan minim pengalaman bercocok tanam, Namun dengan upaya dan kegigihan para anggota segala kesulitan yang dihadapi dapat dilalui sehingga bisa kita lihat hasilnya pada hari ini.

“Nanti kita hitung dulu hasilnya dari modal yang sudah kita keluarkan, setelah itu sisanya ingin kita manfaatkan untuk organisasi, untuk membeli seragam anggota mungkin juga untuk perlengkapan silat lainnya misal, serta tak lupa nanti kita sisihkan untuk santunan sebagai wujud rasa syukur untuk berbagi” ungkap Gus Olik

Kegiatan dan hasil yang telah  dicapai saat ini diharapkan mampu mendongkrak sektor ekonomi anggota dan dijadikan program kemandirian PAC Pagar Nusa Jatirogo.
“Saya berharap anggota bisa istiqomah untuk menjalankan program kemandirian ini, yang tentu hasilnya akan kita manfaatkan bersama” imbuhnya. [hum]

1 komentar: