Selamat Datang di Website Resmi Pencak Silat NU Pagar Nusa Cabang Tuban "Jadilah Pesilat Berkarakter Santri, Menjaga NKRI dan Membela Kiai"

Jumat, 10 Mei 2019

PAC Jenu mengawali "Pagar Nusa Tuban Tadarusan"

Tuban - Diantara amalan yang paling dianjurkan pada bulan Ramadhan adalah Tadarus Al-Qur’an. Tadarus Al-Qur’an adalah aktivitas interaksi terhadap Al-Qur’an, baik dengan membacanya,  mendengarnya, mentadabburinya, menghafalnya  serta mengkhatamkannya. Hal itulah yang menjadi motor semangat kegiatan Pagar Nusa Tadarusan.

Selama bulan puasa, semua masjid dan musholla mengadakan tadarus alquran, baik dilakukan oleh kalangan anak-anak, remaja, dan orangtua, baik dilakukan pada waktu habis subuh, bada duhur, bada ashar, bada dhuha, bada isya, semuanya itu untuk syiar islam dan juga mengamalkan ilmu alquran sekaligus menjadi amalan bagi mereka yang menyimak, membaca dan mengamalkan kitab suci umat islam.


Sedikit ada yang berbeda memang pada kali ini, bertadarus layaknya tadarusan biasa namun dilakukan dengan berseragam pesilat, inilah yang dilakukan oleh Pagar Nusa Jenu Kab. Tuban. Sesuai dengan kegiatan yang telah digemakan pada bulan Ramadhan ini, Pimpinan Cabang Pagar Nusa Kab. Tuban menyerukan seluruh anggota untuk tadarusan dengan nama kegiatan “Pagar Nusa Tuban Tadarusan” yakni bertadarus di mushola, masjid dan gedung atau kantor NU di daerahnya masing-masing berseragam Pagar Nusa, bersongkok dan bersarung layaknya seorang santri dan pada kesempatan ini PAC Pagar Nusa Jenu telah mengawali.

Pada kesempatan ini ada sekitar 20 anggota Pagar Nusa Jenu yang bertadarus, ada yang membaca melalui pengeras suara masjid ada yang menyimak dan ada yang menunggu giliran untuk membaca. Kegiatan dilakukan setelah shalat tarawih dan setelah bertadarus kegiatan dilanjutkan untuk latihan yang juga dilaksanakan di halaman masjid tempat bertadarus.

Selain untuk mengharapkan berkah Ramadhan tentu pada kegiatan ini mempunyai maksut dan tujuan yang spesifik, kita ketahui ada beberapa peristiwa yang telah terjadi dilingkungan Masjid/mushola milik warga Nahdliyin dan dengan kegiatan ini secara tidak langsung kita ikut serta menjaga dan mengamankan lingkungan mushola/masjid yang ditempati untuk tadarusan. Selain itu juga tentu untuk syiar agar dapat lebih dikenalnya Pagar Nusa di lingkungan warga masyarakat.

Semoga kegiatan ini dapat secara menyeluruh dilaksanakan di PAC yang ada dikabupaten Tuban. [adm]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar