Selamat Datang di Website Resmi Pencak Silat NU Pagar Nusa Cabang Tuban "Jadilah Pesilat Berkarakter Santri, Menjaga NKRI dan Membela Kiai"

Rabu, 08 April 2020

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pagar Nusa di Tuban Melakukan Berbagai Upaya Pencegahan

Pagarnusatuban.com - Upaya sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan Covid-19 dilakukan hingga ke desa-desa di Kabupaten Tuban. Salah satunya dilakukan oleh para Pesilat Pagar Nusa Tuban dari Ranting Cekalang bersama pemerintah Desa Cekalang, Soko dengan memberikan edukasi tentang covid-19 dan pada hari-hari sebelumnya hal yang sama juga dilakukan oleh Pagar Nusa Montong, Semanding, Rengel dan Widang.

Edukasi ini bersamaan dengan pembagian ratusan masker, tempat cuci tangan, hand sanitizer dan penyemprotan desinfectan dari rumah ke rumah warga, Kamis (9/4). Kang Firda, Kordinator kegiatan Pagar Nusa Cekalang mengatakan pihaknya ingin berpartisipasi dan berperan aktif atas wabah yang secara tidak langsung berdampak pada perekonomian masyarakat.

"Di sinilah Pagar Nusa harus hadir untuk membantu dengan segenap kemampuan dan tenaga, termasuk yang kita lakukan pada hari ini dan kami juga mencoba memberikan keyakinan kepada masyarakat melalui pemberian pemahaman dari rumah ke rumah bahwa virus ini dapat kita kalahkan dengan ikhtiar bersama. Serta, masyarakat tetap menjaga diri di rumah (sosial distancing) dalam keadaan tidak panik, cemas, dan perasaan perasaan lain yang mampu menurunkan imun kita," tegasnya.

Hingga Kamis (8/4), Update Peta Persebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban per 8 April 2020 pukul 20.00 WIB. Jumlah ODP sebanyak 432 orang (angka komulatif) dengan selesei pemantauan 125 orang sehingga orang yang masih dalam pemantauan sebanyak 307 orang. Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sebanyak 7 orang (angka komulatif) dengan keterangan 5 PDP dinyatakan negatif dan 2 orang PDP masih dalam perawatan dan Confirm/Positif ada 2 orang yakni 1 orang meninggal dunia dan 1 orang dalam perawatan dan isolasi di RSUD Tuban 
[https://In.tubankab.go.id/covid19].

Sementara itu, Kiprah para pesilat Pagar Nusa ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Desa setempat.

"Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian bersama antara Pemdes dan ormas yang ada kepada warga masyarakat  akibat dampak wabah virus corona atau Covid-19" ujar Kepala Desa Cekalang.

Upaya pencegahan memang sedang digalangkan oleh seluruh elemen masyarakat Tuban, mengingat bahwa per 8 April Kabupaten Tuban ditetapkan sebagai zona merah oleh Satgas Pencegahan covid-19 Jawa Timur. Beberapa upaya yang diyakini dapat memutus mata rantai penyebaran virus tersebut adalah dengan meningkatkan pola hidup sehat mencuci tangan dengan sabun setelah perjalanan atau melakukan aktivitas apapun, pembagian hand sanitizer seperti yang dilakukan oleh Pagar Nusa Montong dan penyemprotan desinfectan oleh Pagar Nusa Semanding, Rengel dan Widang. [adm]

1 komentar: